Skip to main content

INTERNSHIP DI KBRI SINGAPURA

Assalamulaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Hello semua sudah lama nih aku enggak nge-blog, been for 3 off-years wkwkkw

Baiklah pada tulisan kali ini, aku akan sharing mengenai bagaimana bisa INTERNSHIP DI KBRI SINGAPURA!!! Heeuuh happy banget alhamdulillah bulan Oktober 2019 lalu bisa menjalankan program magang di KBRI SINGAPURA.

Kenapa SINGAPURA?? 
At first, aku highly minat magang di instansi pemerintah di luar negeri dan kebetulan hanya afford di negara kawasan Asia Tenggara wkwkkw (di luar ini mahal ceuuy). Nah satu-satunya negara ASEAN yg pernah aku kunjungi sebelumnya hanya SINGAPURA HAHAHAH. Jadi at least taulah tentang negara ini, gak buta banget gitu khan ya dan orang tua sangat approve  aku ngajuin magang di sana. SINGAPURA itu negara yg paling well-developed lah di antara negara-negara Asia Tenggara. Moreover, skripsi aku ada aroma2 SINGAPURA jadi tujuannya selain magang sekaligus cari sumber data untuk skripsi.

Well, first of all, aku mau sharing bagaimana alur pengajuan internship di KBRI SINGAPURA.

Waktu itu aku masih semester 5 (2018). Sebelumnya udah giat banget cari informasi magang di KBRI. (Emang aku dan beberapa temanku concern dan prefer untuk magang di KBRI, selain untuk menambah pengalaman dunia kerja dan juga untuk mengasah kemampuan "merantau" kami di negara orang wkwkwkw) Nah...aku cari2 informasi dari Kakak-kakak Tingkat yg pernah magang di KBRI jg dan dapat informasi dari blog2 (tapi masih sedikit yg membahas internship di KBRI SINGAPURA) Jadi sebaiknya secepat mungkin untuk mencari informasinya dan dgn segera mungkin mempersiapkan pula berkas2nya.

Akhirnya setelah cari info north and south, pertama-tama kami harus mengirimkan email ke pihak KBRI SINGAPURA untuk menanyakan perihal; apakah tersedia lowongan magang, jika iya bagaimana persyaratannya, Nah jangan lupa juga untuk menyertakan periode magang yg diajukan. Nanti akan diarahkan khusus untuk mengirim email kepada fungsi yg menangani program internship: internship@indonesianembassy.sg atau boleh langsung mengirim ke email tsb. Tapi alangkah baiknya untuk bertanya ke KBRI SINGAPURA dulu yaa takutnya ada pergantian alamat email pengajuan internship hehe. Nanti akan dibalas terkait persyaratannya apa saja dan balas emailnya cukup cepat kok pas itu (mungkin lagi ga begitu sibuk kali ya). Kurang lebih balasannya seperti ini:

Dear all,

Thank you for your interest in doing internship in the Embassy of the Republic of Indonesia in Singapore.
Kindly, we are open for an internship from January 2018 onwards.

Please kindly send the following documents (in a pdf format) for us to process:
1. CV (complete with latest photo)
2. Cover letter
3. University transcript
4. Reference letter from your university (att to Koodinator Fungsi Pensosbud)

Do not forget to indicate the internship period.

Take note that all expenses, including return ticket to/from Singapore, visa, house rental, transportation, meal, personal expenses and other similar expenses shall be borne by you.

If you are accepted to do an internship in KBRI Singapura, the length of internship will be within one month, because Singapore visa is valid 30 days from the day you enter Singapore. Therefore, for example, if you enter Singapore on 11 April, you have to leave by 10 May to avoid issue with the Immigration Office.

Should you have any enquiry, do not hesitate to contact me.

NB: Internship in the Embassy of the Republic of Indonesia is not based on first-come-first-serve basis, we do carefully look through all the applicants document.

Thank you!

Nah begitu udah dapat balasannya, langsung deh immediately persiapkan berkas2 yg disebutkan ya. Dan jangan lupa untuk mengikuti instruksi2nya; ingat ya hanya 1 bulan periode magang dan seleksi berdasarkan dokumen, bukan dulu-duluan daftar. 

Well...untuk pengumumannya diumumkan 2 bulan sebelum periode magang yg diajukan. Jadi saat itu kami mengirimkan dokumen2 pada bulan Desember 2018 dan mengajuan magang di bulan Oktober 2019. Pengumumannya akhir bulan Agustus 2019 (lama banget yaak wkwkkw) Jadi ya lumayan bikin senam jantung ya untuk mempersiapkan segalanya wkkkw. Nah pengumumannnya spt ini nih..

Congratulations, you are selected to do the internship in the Embassy of the Republic of Indonesia, Singapore!
Your period of internship will be Tuesday, 1st October 2019 to Monday, 28th October 2019.

As mentioned in the earlier email, please make sure you that you do not exceed 30 days from your entry to Singapore. 

....dan masih panjang lagi: tidak aku publish due to personal data reason :)



Seseneng bangetttttttt dpt email itu. Kebawa sampe skg :)))))


all the best things are worth to wait in the best time :)


Okay nanti akan aku share jg bagaimana sistem kerja internship di KBRI SINGAPURA, biaya hidup selama 1 bulan dan lain-lainnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat yaa.. 
Further information reach me via email :) I will gladly assist you 

Regards,
Shinta Lyana Melati
Muhammadiyah Malang University
shimelati@gmail.com



Comments

  1. Itu khusus untk mahasiswa tingkat sarjana atau boleh juga diploma 3 kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional  – Ilmu Hubungan Internasional adalah